Penerapan Prinsip Manajemen Kurikulum Islam: Kajian Sosial Budaya Berdasarkan Hadits Nabi

Penulis

  • Nur Fatimah STIT Al-Ihsan Baleendah
  • Taufik Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irwan Abdurrohman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wiwin Suhada STAI Al Muhajirin Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6055

Kata Kunci:

Manajemen Kurikulum Islam, Hadits Nabi, Studi Sosial Budaya, Pendidikan Islam

Abstrak

Manajemen kurikulum Islam memegang peranan penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana prinsip-prinsip manajemen kurikulum Islam yang berlandaskan hadis Nabi diterapkan dari perspektif sosial budaya. Penelitian ini betapa pentingnya nilai-nilai Islam dalam konteks manajemen kurikulum di lembaga pendidikan, khususnya dalam membangun keselarasan antara ajaran Islam dengan dinamika sosial. Pendekatan sosial budaya digunakan untuk memahami bagaimana interaksi antara nilai-nilai Islam dengan konteks sosial yang mempengaruhi implementasi kurikulum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertumpu pada pendekatan kualitatif dengan menganalisis literatur hadis dan jurnal-jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip seperti keadilan, keseimbangan, koherensi dan integrasi nilai-nilai spiritual dalam pembelajaran memberikan kontribusi yang signifikan untuk membangun sistem pendidikan yang komprehensif. Selain itu, pendekatan sosial budaya menyoroti pentingnya mengadaptasi kurikulum Islam dengan kondisi lokal, tradisi dan tantangan masyarakat, sehingga tercipta sinergi antara pendidikan berbasis Islam dengan perubahan sosial yang dinamis dan memberikan kontribusi positif untuk membangun masyarakat yang harmonis dan adil.

Diterbitkan

2025-06-10

Cara Mengutip

Fatimah, N., Rahman, T., Abdurrohman, I., Erihadiana, M., & Suhada, W. (2025). Penerapan Prinsip Manajemen Kurikulum Islam: Kajian Sosial Budaya Berdasarkan Hadits Nabi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 340–351. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6055