Eksistensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Pendidikan Multikultural

Authors

  • Satria Koni

Abstract

Inti dari sebuah multikultural atau keberagaman budaya adalah suatu kemauan atau kehendak untuk menerima kelompok lain sebagaimana menyamakan dan mempersatukan kelompok yang lain. Multikultural pada kebudayaan, kesukuan, jenis kelamin, bahasa dan daerah yang berhubungan dengan agama menjadi sebuah pokok pikiran yang kontekstual yang menghubungkan pada masyarakat zaman sekarang. Prinsip yang paling mendasar dari kesetaraan, keadilan sosial, keterbukaan dan pengakuan terhadap perbedaan adalah sebuah prinsipnilai  yang dibutuhkan manusia di tengah himpitan budaya dunia/ budaya global. Demikian pula, pendidikan yang sudah menjadi sarana yang tepat untuk mendirikan atau membangun kesadaran multikultural tersebut. itu adalah kebutuhan yang sangat mendesak untuk membentuk sebuah kurikulum dari pendidikan multikultural yang berisi beberapa bahan-bahan yang dengan itu mampu untuk memberikan beraneka ragam pandangan dari beberapa fenomena budaya.

Downloads

Published

2016-02-01

How to Cite

Koni, S. (2016). Eksistensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Pendidikan Multikultural. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 34–43. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/1131