Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah

Authors

  • Abdurrahman Jemani Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto
  • Abdul Ghofar Ismail Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto
  • Abu Darim Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1401

Keywords:

Gaya Kememimpinan, Motivasi Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Kinerja guru merupakan  salah  satu  faktor penting dalam menunjang mutu pendidikan. Penelitian ini membahas gaya kepemimpinan dan motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto.Jenis penelitian yang digunakan adaah penelitian kuantitatif dengan populasi berjumlah 30 orang dan sampel berjumlah 30 orang yang tergolong sampel jenuh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitif dengan menggunakan pendekatan asisiatif kausal atau sebab akibat. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara  motivasi kepala sekolah  terhadap kinerja guru, dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama antara gaya kepemimpinan dan motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto. Hal ini menunjukan  bahwa gaya kepemimpinan dan motivasi kepala sekolah  yang baik berpengaruh yang signifikan  pada peningkatan kinerja guru. Sehingga menjadi perhatian bersama bagi para pimpinan lembaga pendidikan dalam menerapkan gaya kepemimpinan serta pemberian motivasi kepada guru yang berdampak pada semangat kerja dan meningkatnya kinerja guru.

Downloads

Published

2020-08-12

How to Cite

Jemani, A., Abdul Ghofar Ismail, & Abu Darim. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 150–177. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1401