KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN K.H. SYAM’UN DAN K.H. MAS ABDURRACHMAN

Authors

  • Dimas Zuhri Ahmad UIN Sultan Maulana Hasanuddin
  • Machdum Bachtiar UIN Sultan Maulana Hasanuddin
  • Agus Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.4195

Abstract

Kepemimpinan Pendidikan Menurut Brigjen KH Syam'un dan KH Mas Abdurrachman membahas tentang konsep dan praktik kepemimpinan pendidikan yang dianut oleh dua tokoh ulama, pejuang, dan pendidik asal Banten, yaitu Brigjen KH Syam'un dan KH Mas Abdurrachman. Artikel ini menggunakan metode studi biografi dan analisis untuk menggali informasi dari berbagai sumber primer dan sekunder yang berkaitan dengan kedua tokoh tersebut. Artikel ini menemukan bahwa kepemimpinan pendidikan menurut Brigjen KH Syam'un dan KH Mas Abdurrachman memiliki tiga ciri utama, yaitu: (1) kemampuan untuk memberikan pengaruh, arahan, perintah, motivasi, dan lingkungan kondusif terhadap anggota-anggota lembaga di lembaga pendidikan; (2) kemampuan untuk mereformasi sistem pendidikan pesantren dengan mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum atau ilmu sosial; dan (3) kemampuan untuk mengembangkan jaringan kerjasama antara lembaga pendidikan dengan lembaga-lembaga lain yang relevan.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Dimas Zuhri Ahmad, Machdum Bachtiar, & Agus Gunawan. (2024). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN K.H. SYAM’UN DAN K.H. MAS ABDURRACHMAN. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 22–35. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.4195