Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Pada Awal Era Reformasi (1998-2004)

Authors

  • Amin Maghfuri UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.614

Keywords:

Kebijakan Pendidikan, Pendidikan Islam

Abstract

Kondisi dan keberadaan pendidikan Islam di Indonesia hari ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah panjang yang berkenaan dengan pengaruh konstelasi politik serta kebijakan-kebijakan yang lahir pada periode-periode sebelumnya. Era reformasi yang lahir pasca-tumbangnya orde baru memencikkan harapan baru akan kondisi yang demokratis di semua bidang, termasuk pendidikan. Artikel ini dimaksudkan untuk menganalisis kondisi sosial-politik pada masa awal reformasi serta pengaruhnya terhadap lahirnya kebijakan dan kondisi pendidikan Islam pada masa tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa gejolak yang terjadi pada awal era reformasi menyita perhatian pemerintah untuk melakukan stabilisasi di bidang politik dan keamanan. Penentuan arah baru atau reformasi pendidikan –termasuk pendidikan Islam–  baru tampak setelah kondisi politik dan keamanan stabil. Hasil yang paling menonjol dari upaya reformasi pendidikan tersebut tampak dalam Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional yang terbit pada tahun 2003.

Downloads

Published

2020-02-27

How to Cite

Maghfuri, A. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Pada Awal Era Reformasi (1998-2004). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 14–26. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.614