PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS KOMUNITAS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAPEL BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR KECAMATAN DUMBO RAYA

Penulis

  • Ayu Fatimah
  • Rusmin Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusdin Djibu Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6409

Kata Kunci:

Modul Ajar, Berdiferensiasi, Komunitas Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berdiferensiasi berbasis komunitas belajar guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pendekatan yang digunakan adalah mix-method, yakni gabungan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan telah melalui proses validasi oleh ahli materi dan media dengan hasil “sangat layak”. Implementasi modul di kelas eksperimen selama empat minggu menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Keterlibatan komunitas belajar (guru, siswa, dan orang tua) dalam proses pengembangan dan pelaksanaan modul turut berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif, responsif terhadap kebutuhan siswa, dan mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, modul ajar berdiferensiasi berbasis komunitas belajar efektif diterapkan sebagai solusi untuk mengakomodasi keragaman siswa dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh.

Diterbitkan

2025-06-26

Cara Mengutip

Ayu, Husain, R., & Djibu, R. . (2025). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS KOMUNITAS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAPEL BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR KECAMATAN DUMBO RAYA. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 408–419. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6409