Pengelolaan Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo

Penulis

  • Aji Al-Falah
  • Supiah Supiah
  • Said Subhan Posangi

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i1.1055

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas Pengelolaan madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo yang sesuai dengan indikator-indikator efektifitas madrasah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualititatif Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data untuk efektivitas pengelolaan madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo yaitu meliputi; kepala madrasah, komite madrasah, tenaga pendidik dan peserta didik. Dari sumber data ini diperoleh dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh dari studi dokumen. Kedua jenis data ini kemudian diproses dengan melakukan konfirmasi data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumen. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan proses reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan maupun verifikasi. Peneliti ini menarik kesimpulan bahwa secara umum pengelolaan madrasah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah sidah tergolong efektif, seehinggasangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Dengan penelitian ini disarankan agar seluruh elemen yang mencakup pengelolaan madrasah ikut andil demi terwujudnya pendidikan yang bermutu.

Biografi Penulis

Supiah Supiah

thanks

Said Subhan Posangi

Terima kasih

Diterbitkan

2019-02-01

Cara Mengutip

Al-Falah, A., Supiah, S., & Posangi, S. S. (2019). Pengelolaan Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 37–44. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i1.1055