Implementasi Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Kota Gorontalo

Penulis

  • Kusmawaty Matara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pembinaan guru SDN di Kota Gorontalo, dan menganalisis Kompotensi Pedagogis Guru SDN di Kota Gorontalo, pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif, hal ini bertujuan untuk menggali informasi secara langsung melalui interaksi dengan narasumber, dan diharapkan dapat lebih mendalami realitas dari fenomena yang ada. Hasil penelitian menemukan bahwa kebijakan pembinaan guru oleh Pemerintah di kota Gorontalo dilakukan secara berjenjang mulai dari Kementrian Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan dan Olah Raga Provinsi, Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, kepala Sekolah dan Lembaga Profesi Guru. Sementara pembinaan kompotensi pedagogik guru dilakukan dalam aspek (1) Kemampuan dalam Memahami peserta didik, (2) Kemampuan Merancang Pembelajaran, (3) Kemampuan melaksanakan Proses Pembelajaran, 4) Kemampuan menilai Proses dan Hasil, dan (5), Kemampuan mengembangkan potensi peserta didik. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan pembinaan guru SD secara berjenjang dikota Gorontalo telah meningkatkan kompotensi guru, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil ujian Nasional selama 3 tahun terakhir untuk tingkat SD di Kota Gorontalo.

Diterbitkan

2016-02-01

Cara Mengutip

Matara, K. (2016). Implementasi Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Kota Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 79–87. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/1136