Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Penulis

  • Badrudin Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam (PERMA PENDIS) Indonesia
  • Teti Muliawati Prodi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung; Jalan Soekarno-Hatta - Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292.
  • Yunus Russamsi Prodi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung; Jalan Soekarno-Hatta - Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292.
  • Ari Prayoga Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam (PERSMAPI) Indonesia; Cluster Andalus B 71, Perum Cempaka Arum Cimencrang Bandung Jawa Barat Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.1151

Kata Kunci:

Kepemimpinan kepala sekolah, kelompok kerja guru, kinerja guru

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kinerja guru SD di wilayah Kecamatan Antapani Kota Bandung di hadapkan pada persoalan belum optimalnya kinerja guru ini terlihat pada data rata-rata kinerja guru sebesar 78%. Dalam upaya meningkatkan kinerja guru melalui kepemimpinan Kepala Sekolah dan keikutsertaan para guru pada kegiatan Kelompok Kerja Guru. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan kegiatan Kelompok Kerja Guru (X2) serta Kinerja Guru (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Antapani Kota Bandung sebanyak 333 guru dari 14 Sekolah Dasar, sampel dalam penelitian ini adalah 77 guru dengan menggunakan teknik sampling (proportional stratified random sampling). Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran kuisioner. Dalam pengujian secara simultan tingkat pengaruh variabel Independen (Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru) terhadap Variabel dependen (Kinerja Guru) mempunyai pengaruh. Hal ini terbukti dengan angka Adjusted R sebesar 0.570a menunjukkan bahwa Kinerja Guru mempunyai hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru berkategori kuat dengan persentase 57%, dan Fhitung>Ftabel, yaitu 17.839>3.12 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05, Maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel Independen terhadap variabel dependen atau dapat dikatakan terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Antapani Kota Bandung.

Diterbitkan

2020-02-27

Cara Mengutip

Badrudin, B., Muliawati, T., Russamsi, Y., & Prayoga, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 66–75. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.1151