Implementasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Kegiatan Supervisi Pembelajaran di SDN 04 Duhiadaa

Penulis

  • Yurni Abdullah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Rahmawati Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Damhuri Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1294

Kata Kunci:

Penilaian Kinerja Guru, Supervisi Pembelajaran

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menggali bagaimana implementasi penilaian kinerja guru dalam kegiatan supervisi pembelajaran di SDN 04 Duhiadaa. Metode Penelitian yang digunakan masuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancaa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa Implementasi penilaian kinerja guru dalam supervisi pembelajaran seperti pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru mata pelajaran atau guru kelas, yang meliputi kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai. Selain itu, dalam proses evaluasi kinerja guru difokuskan pada aspek yang berhubungan dengan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru.

Diterbitkan

2020-08-10

Cara Mengutip

Abdullah, Y., Rahmawati, & Damhuri. (2020). Implementasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Kegiatan Supervisi Pembelajaran di SDN 04 Duhiadaa. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 88–105. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1294