Pengembangan Teknik dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi

Authors

  • Hambali Alman Nasution Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Fikri Alwi Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1306

Keywords:

Pengembangan Teknik, Asesmen, Pengetahuan, Teknologi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teknik dan instrumen asesmen aspek pengetahuan berbasis teknologi. Asesmen (penilaian) berbasi teknolgi ditinjau dari segi pendidikan merupakan proses penialaian yang dilakukan dengan melibatkan media seperti computer, LCD, Handphone, dan sejenisnya, guna mengoptimalkan pembelajaran yang lebih efesien dan menarik. Oleh karena itu perkembangan kemajuan teknologi dapat digunakan dalam pengembangan teknik dan assesmen aspek pengetahuan berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Liberary Reseach). Hasil dalam penelitian ini dijelaskan bahwa dalam proses asesmen terdapat dua teknik yang efesien untuk diaktualisasikan yakni teknik tes dan non tes dengan instrumen pilihan ganda, lisan, dan penugasan atau pekerjaan rumah.  Selain dari pada itu, terdapat pula berbagai aplikasi yang dapat digunakan guru dalam proses asesemen diantaranya exam view, bank soal rumah belajar, e-fortofolio, digital rubric, dan alternatif asesmen digital.

Downloads

Published

2020-08-10

How to Cite

Hambali Alman Nasution, & Nasution, F. A. (2020). Pengembangan Teknik dan Instrumen Asesmen Aspek Pengetahuan Berbasis Teknologi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 106–116. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1306