Implementasi Standar Nasional Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gorontalo

Penulis

  • Halik S. Maranting Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Muh. Arif Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Abdurrahman R. Mala Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1765

Kata Kunci:

Standar Nasional Pendidikan, Daya Saing

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis implementasi standar Nasional pendidikan dalam meningkatkan daya saing Madrasah, mengingat standar tersebut menjadi isu penting diterapkan bagi pengelolaan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif (pemaparan). Data primer diperoleh dari pengamatan dan wawancara langsung. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber tertulis yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi standar nasional pendidikan dalam meningkatkan daya saing Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Gorontalo sudah terealisasi dengan baik mengacu pada delapan standar pendidikan nasional sehingga dapat meningkatkan daya saing Madrasah dan memperoleh nilai akreditasi A.

Diterbitkan

2020-09-24

Cara Mengutip

Maranting, H. S., Muh. Arif, & Abdurrahman R. Mala. (2020). Implementasi Standar Nasional Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 188–206. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1765