Dinamika Kelompok Pendidikan di Lembaga Pondok Pesantren Jaisyul Quran Nagreg

Penulis

  • Abdul Haris Pascasarjana UIN SGD Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.1923

Kata Kunci:

Dinamika, kelompok, Pesantren

Abstrak

ABSTRAK

Kajian makalah ini adalah untuk mendeskripsikan bahasan pokok dinamika kelompok di lembaga pendidikan. Dinamika kelompok disinyalir dapat dimanfaatkan sebagai alat manajemen kemajuan pondok pesantren jaisyul quran nagreg. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi pengambilan data seluruh pimpinan dan guru sejumlah 41 orang. Pengambilan data menggunakan instrumen skala likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah dinamika kelompok pondok jaisyul quran dilihat dari delapan aspek menunjukan kategori baik. Aspek Tujuan kelompok mencapai skor relatif 73%. Aspek Struktur kelompok 73%. Aspek tugas dan peran kelompok 73%. Aspek pembinaan kelompok 71%. Aspek kekompakan kelompok 69%. Aspek suasana kelompok 71%. Aspek tekanan kelompok 70%. Aspek keefektifan kelompok 68%.

Diterbitkan

2021-03-01

Cara Mengutip

Abdul Haris. (2021). Dinamika Kelompok Pendidikan di Lembaga Pondok Pesantren Jaisyul Quran Nagreg. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 45–59. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.1923