MODEL INTEGRATED TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN

Penulis

  • Ahmad Yusuf Universitas Wahid Hasyim Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2189

Kata Kunci:

ITQM, integrasi manajemen, Sekolah Berbasis Pesantren

Abstrak

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana model Integrated Total Quality Management (ITQM) di Sekolah Berbasis Pesantren. Dengan menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) dalam kerangka pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu model Integrated Total Quality Management di Sekolah Berbasis Pesantren hanya dapat dibangun atas dasar komitmen antara sistem manajemen Pesantren,Yayasan dan sekolah memiliki keselarasan visi,misi dan tujuan.ketiga manajerial tersebut tetap menjalankan proses quality planning, quality organizing, quality actuating dan quaity controlling dalam setiap proses manajemen dan saling terkoordinasi dengan baik sehingga tidak terjadi overlapping kebijakan dan program. Komitmen ketiga manajemen selalu berusaha mencari peluang untuk integrasi manajemen yang lebih efisien dan efektif dalam meningkatan mutu pendidikan dan berfokus pada kepuasan pelanggan dan perbaikan berkelanjutan.

Diterbitkan

2021-08-13

Cara Mengutip

Yusuf, A. (2021). MODEL INTEGRATED TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 182–201. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2189