The PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP KINERJA GURU: PERAN MOTIVASI GURU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Penulis

  • Josua Manik Universitas Advent Indonesia
  • Marlinda Siahaan Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2267

Kata Kunci:

keterampilan manajerial kepala sekolah, pemberian reward, kinerja guru, motivasi guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah dan pemberian reward terhadap kinerja guru melalui motivasi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Data pada penelitian ini diolah menggunakan analisis jalur atau path analysis berbantuan program Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial keterampilan manajerial berpengaruh terhadap kinerja guru sekaligus motivasi kerja. Secara parsial pemberian reward juga berpengaruh terhadap kinerja guru dan motivasi kerja. Hasil lain dari uji path analysis menemukan bahwa secara tidak langsung motivasi dapat mempengaruhi hubungan antara keterampilan manajerial terhadap kinerja guru juga pemberian reward terhadap kinerja guru. hasil ini menggambarkan bahwa dengan adanya keterampilan manajerial kepala sekolah yang baik dan pemberian reward yang sesuai dapat meningkatkan motivasi guru sehingga berdampak pula pada hasil kerja yang maksimal.

Diterbitkan

2021-08-03

Cara Mengutip

Manik, J., & Siahaan, M. (2021). The PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP KINERJA GURU: PERAN MOTIVASI GURU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 145–163. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i2.2267