Peran Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Di Provinsi Banten

Penulis

  • R. Asep Hidayat Sugiri UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Encep Syarifudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin
  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2497

Abstrak

Memahami peran gaya kepemimpinan baik berupa gaya kepemimpinan transaksional, gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan visioner untuk meningkatan mutu pendidikan madrasah di Provinsi Banten, termasuk mengungkapkan faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Penulis mengkaji permasalahan yang ada dengan cara menelaah beberapa buku dan artikel jurnal terkait untuk dibandingkan dan ditarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, gaya kepemimpinan kepala madarasah di Provinsi Banten cukup bervariasi, terutama di lokasi penelitian, yakni sebagian mengembangkan gaya kepemimpinan transaksional (civitas akademika MAN 1 Kota Serang), sebagian mengembangkan gaya kepemimpinan transformasional (civitas akademika MAN 2 Kota Serang), dan  sebagian lagi mengembangkan gaya kepemimpinan visioner (civitas akademika MAN 1 Kabupaten Serang). Kedua, gaya kepemimpinan kepala madrasah yang bervariasi tersebut, diterapkan dilokasi yang berbeda dengan gaya kepemimpinan yang berbeda pula, mempunyai peran yang cukup bermakna dalam upaya peningkatan mutu pendidikan madrasah di Provinsi Banten.

Diterbitkan

2022-03-03

Cara Mengutip

Sugiri, R. A. H., Syarifudin, E., & Fauzi, A. (2022). Peran Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Di Provinsi Banten. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 34–48. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2497