EVALUASI PROGRAM PENJAMINAN MUTU STANDAR ISI PEMBELAJARAN PADA TAHAPAN MASUKAN (ANTECEDENTS) (Suatu Pendekatan Model Stake’s Countenance Evaluatif di Universitas Muhammadiyah Makassar)
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2529Kata Kunci:
Penjaminan Mutu, Standar Isi dan Stake Countenance EvaluatifAbstrak
ABSTRAK
Peningkatan mutu pendidikan bisa terealisasi dengan baik ketika proses berjalan secara terus-menerus dan berkesinambungan. Proses peningkatan mutu pendidikan secara bertahap menjadi suatu keniscayaan menyusul adanya perbaikan mutu yang lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian evaluasi dengan menggunakan jenis penelitian kombinasi (mixed methods). Adapun Peneltian ini menggunakan pendekatan studi kasus dan Lokasi penelitian ini yaitu Universitas Muhammadiyah Makassar yang terletak di Jalan Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar. berdasarkan standar objektif pelaksanaan kurikulum yang ditentukan dari 8 subaspek menunjukkan berkategori tinggi atau semuanya yang dievaluasi sudah tercapai dengan nilai rata-rata 3,72 atau kategori tinggi. Hasil capaian mutu lulusan di Universitas Muhammadiyah Makassar pada tahapan hasil (output dan outcomes) menunjukkan bahwa: a) sebagian besar mahasiswa dapat menyelesaikan studinya tepat waktu yaitu 4 tahun dengan presentasi 65,58% dengan kategori cukup memuaskan, b) peringkat IPK lulusan menunjukkan bahwa lebih banyak yang mendapatkan IPK >3,50-4,00 dengan persentasi 60,34% dibandingkan dengan IPK di bawah 3,50 dengan persentasi 34,82%, c) rata-rata masa tunggu alumni mendapatkan pekerjaan di bawah 6 bulan dengan persentasi ketercapaian sebesar 68,10%, d) relevansi pendidikan dan pekerjaan alumni menunjukkan lebih banyak yang bekerja relevan pendidikannya dengan ketercapaian 76,14% dibanding yang tidak relevan pendidikannya.
Kata Kunci: Penjaminan Mutu, Standar Isi dan Stake Countenance Evaluatif