POLA PENDIDIKAN PESANTREN PONDOK IT YOGYAKARTA

Penulis

  • Iwan Sopwandin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Az Zahra Tasikmalaya https://orcid.org/0000-0003-0455-6930
  • Ahmad Hinayatulohi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Az Zahra Tasikmalaya
  • Dani Syaripudin Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2540

Kata Kunci:

Pola Pendidikan, Pesantren, Pondok IT Yogyakarta

Abstrak

Pesatnya perkembangan zaman mengharuskan setiap lembaga pendidikan tak terkecuali pesantren dituntut untuk mampu bersaing dan kompetitif selain dalam hal pengembangan keagamaan tetapi juga sektor tehnologi, untuk mencapai hal tersebut tentunya dibutuhkan pola pendidikan pesantren yang adaptif dan dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pola pendidikan yang diterapkan pesantren pondok IT Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk pemilihan informan menggunakan teknik sampling purposive dengan tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada tiga pola pendidikan yang diterapkan pesantren Pondok IT Yogyakarta, yaitu: 1) integrasi kemampuan digital dan pemahaman agama; 2) Kakak Asuh Pesantren Pondok IT Yogyakarta dalam pengembangan pesantren; dan 3) Berorientasi pada Santri tidak mampu.

Biografi Penulis

Iwan Sopwandin, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Az Zahra Tasikmalaya

Manajemen Pendidikan Islam

Ahmad Hinayatulohi, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Az Zahra Tasikmalaya

Manajemen Pendidikan Islam

Diterbitkan

2022-03-15

Cara Mengutip

Iwan Sopwandin, Ahmad Hinayatulohi, & Dani Syaripudin. (2022). POLA PENDIDIKAN PESANTREN PONDOK IT YOGYAKARTA. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 49–58. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2540