MANAJEMEN PROGRAM MATRIKULASI BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KOTA BIMA

Penulis

  • Nurfadila Rasyid Pascasarjana UIN Malang
  • Zakiya Arifa
  • Ahmad Mubaligh

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i2.2709

Kata Kunci:

management, matriculation program, time token arends

Abstrak

Fokus tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen program matrikulasi bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Hikmah Bima. Dalam pembelajaran bahasa Arab Pondok Pesantren Pondok Pesantren Darul Hikmah Bima menerapkan program matrikulasi bahasa yang mana program ini wajib diikuti santri dan diharapkan dapat memberikan manfaat dalam bidang kebahasaan dan kemudahan bagi santri. Dalam tulisan ini penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data terdiri dari pengumpulan data sekaligus reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa rangkaian kegiatan manaejemen program matrikulasi Bahasa Arab yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Hikmah Bima meliputi (1) perencanaan program matrikulasi bahasa Arab melalui penetapan program pembelajaran, penyusunan materi, penggunaan media dan penentuan pendekatan metode pembelajaran. (2) pengorganisasian matrikulasi bahasa Arab sudah menyiapkan tutor yang mumpuni dengan kualifikasi S2 dan S1 bahasa Arab yang diukur dengan tes mengajar. (3) pelaksanaan program matrikulasi menerapkan model pembelajaran time token arends dengan menggunakan buku ajar Al-Arabiyatu Baina Yadai Auladina. (4)  evaluasi program matrikulasi bahasa Arab yaitu menentukan standar penilaian, mengadakan ujian tulis dan lisan, mengadakan perbaikan dan tindak lanjut. Dengan demikian program matrikulasi dengan menggunakan pembelajaran model time token arends ini merupakan program yang bagus dalam mengelola program matrikulasi bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Hikmah Bima

Diterbitkan

2022-09-08

Cara Mengutip

Rasyid, N., Arifa, Z., & Mubaligh, A. (2022). MANAJEMEN PROGRAM MATRIKULASI BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KOTA BIMA. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 174–183. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i2.2709