MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

Penulis

  • Yusufu Nicolas Arswendo UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Luluk Indarti UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i1.2924

Kata Kunci:

Management, Classroom, Quality of Learning

Abstrak

Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah diperlukan manajeman kelas yang bagus. Manajeman kelas mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Manajemen kelas yang berada di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dalam mengeksplorasi proses pembelajaran. Teknik wawancara mendalam merupakan langkah dalam mengumpulkan data di MTsN 4 Tulungagung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Manajemen Kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan menyiapkan scenario penataan kelas, pemilihan metode dan media dalam perangkat pembelajaran, (2) Pelaksanaan Manajemen Kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan Menciptakan iklim belajar yang tepat, Pengaturan ruang kelas, dan Menyediakan pola interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa, dan (3) Evaluasi Manajemen Kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan Evaluasi terhadap fasilitas yang ada di sekolah dan proses pembelajaran oleh kepala sekolah, dan Evaluasi Pembelajaran di kelas oleh guru dengan penilai ketrampilan, pengetahuan melalui penilaian harian dan penilaian semester yang ditunjukan oleh siswa.

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Arswendo, Y. N. ., & Indarti, L. (2023). MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i1.2924