INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MAHFUDZAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DI SDIT MUTIARA QOLBU SUKATANI

Penulis

  • Mohamad Hafidz Alghifary UNSIKA
  • Ferianto

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i1.3202

Abstrak

SDIT Mutiara Qolbu Sukatani merupakan Pendidikan formal yang menanamkan pendidikan karakter pada peserta didiknya, mengingat pada saat ini peserta didik cenderung mengabaikan pendidikan karakter. Pendekatan penelitian yang digubakan yaitu pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, analisis data, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penerapan mahfudzat di SDIT Mutiara Qolbu Sukatani dapat menanamkan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam mahfudzat dan mampu memberikan dampak positif dalam aktifitas belajar serta interaksi sosial peserta didik baik di lingkungan kelas maupun di lingkungan sekolah yang pada akhirnya dapat juga di implementasikan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar.

Kata Kunci: Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Mahfudzat, SDIT

Diterbitkan

2023-03-13

Cara Mengutip

Alghifary, M. H., & Ferianto. (2023). INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MAHFUDZAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DI SDIT MUTIARA QOLBU SUKATANI. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(1), 39–52. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i1.3202