EFISIENSI KINERJA PEMBINA MELALUI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STUDI PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PALOPO

Penulis

  • Sulfiani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Ghozali UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur Saidah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i1.3434

Kata Kunci:

Kata kunci : Kinerja Pembina, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pesantren.

Abstrak

Abstrak

Keberhasilan lembaga pendidikan bergantung pada kualitas sumber dayanya termasuk tenaga pendidik dan kependidikan yang di manajemen dengan terukur dan harus memberlakukan kerjasama yang baik, saling memotivasi teman sebaya, dan memberikan ide-ide yang dapat meningkatkan kinerja agar membangun kompetensi pembina pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengembangan kinerja pembina melalui pengelolaan SDM di pesantren modern MBS Palopo. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik  observasi dan wawancara kepada direktur pesantren, pembina dan tenaga pendidik pesantren yang berlokasi di Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding school (MBS) Palopo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kinerja pembina di pesantren MBS Palopo yaitu Pertama, pendidikan dan pelatihan. Pesantren MBS Palopo memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para pembina sebagai wujud pengembangan dan penyesuaian diri terhadap tugas. Pelatihan tersebut dilakukan secara online maupun offline dan meliputi berbagai aspek seperti metodologi pembelajaran dan peningkatan kemampuan bahasa. Kedua, mutasi. Pesantren MBS Palopo melakukan mutasi dalam rangka memberi kesempatan dan memotivasi para pembina. Dengan adanya mutasi, para pembina dapat mengembangkan diri dan belajar hal-hal baru serta mengalami tantangan dalam tugas-tugas yang berbeda. Ketiga, fasilitasi dan motivasi. Pesantren MBS Palopo memberikan fasilitas kepada para pembina untuk meningkatkan kualitas kinerja. Fasilitas tersebut meliputi dukungan dalam pengadaan bahan ajar, fasilitas teknologi, serta pembinaan dan supervisi secara berkala. Dengan adanya upaya pengembangan kinerja pembina tersebut, diharapkan para pembina dapat meningkatkan kualitas kinerja dalam mengelola pesantren dan memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan lembaga pendidikan tersebut.

 

Diterbitkan

2023-04-11

Cara Mengutip

Sulfiani, Ghozali, M., & Saidah, N. . (2023). EFISIENSI KINERJA PEMBINA MELALUI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STUDI PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PALOPO. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(1), 75–86. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i1.3434