PEMANFAATAN GAMIFICATION QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Savira Rahmania Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Irma Soraya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Asep Saepul Hamdani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3714

Kata Kunci:

Gamification quizizz, motivasi belajar, pendidikan agama islam

Abstrak

Aplikasi teknologi pendidikan sangat relevan bagi pengelolaan pendidikan dan kegiatan belajar mengajar pada khususnya. penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran, menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan menarik. Penerapan gamifikasi pada konten pembelajaran dilakukan untuk memotivasi siswa meningkatkan pencapaiannya terhadap konten yang dipelajari. Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasalahan yang kurang menyenangkan. Dalam meningkatkan minat belajar siswa pemilihan penggunakan model pembelajaran yang tepat serta penggunaan media pembelajaran yang menarik. Salah satu penggunaan teknologi dalam pembelajaran menggunakan kuis interaktif di kelas menggunakan sebuah aplikasi interaktif yaitu Quizizz. Artikel ini bertujuan untuk mengulas pemanfaatan gamification quizizz terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan penelitian library research. Hasil dari penelitian berupa Implementasi gamifikasi dengan menggunakan Quizizz memerlukan pendekatan yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan melibatkan siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dalam memahami konsep-konsep. Pemanfaatan gamifikasi dengan menggunakan Quizizz dapat membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan efektif.

Diterbitkan

2023-08-02

Cara Mengutip

Rahmania, S., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2023). PEMANFAATAN GAMIFICATION QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 114–133. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3714