PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM IAIN SULTAN AMAI GORONTALO MELALUI ANALISIS SWOT

Penulis

  • Alfian Erwinsyah Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Syafrin Ngiode Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Jodi Umar Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3928

Kata Kunci:

Program Studi, Manajemen Pendidikan Islam, SWOT.

Abstrak

Tujuan Penelitian ini yakni untuk menganalisis kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness) dari Program Studi Manajamen Pendidikan Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo dan untuk menganalisis Peluang (Opportunity) dan Ancaman (Threats) dari Program Studi Manajamen Pendidikan Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif secara deskriptif. Instrumen yang digunakan yakni pedoman observasi, pedoman     wawancara. Teknik pengumpulan data yakni pengamatan, Wawancara, dan Dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan model interaktif dengan Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Secara Keseluruhan      dengan menggunakan analisis SWOT dapat diketahui kekutatan, kelemahan, peluang dan tantangan dari program studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo melalui 9 komponen yakni visi misi, tata pamong, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan dan sapras, Pendidikan, Penelitian, pengabdian masyarakat dan luaran dan capaian tridharma. Dari analisis ini ditetapkan strategi pengembangan dan program keberlanjutan dalam rangka peningkatan akreditasi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam ke depan.

 

Biografi Penulis

Syafrin Ngiode, Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

 

 

Jodi Umar, Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

 

 

Diterbitkan

2023-08-08

Cara Mengutip

Erwinsyah, A., Ngiode, S. ., & Umar, J. (2023). PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM IAIN SULTAN AMAI GORONTALO MELALUI ANALISIS SWOT. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 200–219. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3928