PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING PADA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Lamsike Pateda Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3976

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL) dari aspek konten, bahasa dan desain. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implementation-Evaluation). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo semester genap Tahun Akademik 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan aspek konten, desain dan bahasa dengan kategori sangat baik, serta penilaian mahasiswa dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, bahan ajar yang telah dikembangkan dapat dimplementasikan pada mata kuliah Bahasa Indonesia.

Diterbitkan

2023-08-23

Cara Mengutip

Pateda, L. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING PADA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM . Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3976