MENELAAH KEPUASAAN GURU TERHADAP LAYANAN PENILAIAN ANGKA KREDIT DALAM PENDIDIKAN ISLAM: SEBUAH SURVEI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI GORONTALO

Penulis

  • Herson Anwar IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Arten A. Mobonggi IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.4664

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasaan terhadap layanan penilaian angka kredit guru pendidikan agama Islam di provinsi Gorontalo. Penelitian ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 sebagai indicator untuk mengukur ekspektasi dan persepsi dari penerimaan layanan, serta selisih antara keduanya dengan Analisis Important Analysis (IPA). Hasil menunjukkan bahwa tingkat kerja 2.42 (cukup penting) dan harapan 2.49 (cukup puas). Dalam artian, kinerja yang dirasakan oleh guru pendidikan agama Islam di provinsi Gorontalo sudah sesuai dengan harapan pelayanan guru. Meskipun begitu, masih perlu dilakukan perbaikan terus-menerus pada atribut ang memiliki tingkat kesesuaian rendah agar dapat meningkatkan sesuai dengan harapan guru, yang mencerminkan adanya kekurangan dalam penyediaan layanan saat ini. Penelitian lebih lanjut dapat mengkaji cakupan yang luas dengan menggunakan metodologi yang berbeda untuk analisis yang lebih mendalam. Temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam penyusunan kebijakan oleh Kementerian Agama provinsi Gorontalu untuk memperbaiki kualitas penillaian layanan bagi guru pendidikan agama Islam.

Diterbitkan

2024-02-28

Cara Mengutip

Anwar, H., & A. Mobonggi, A. (2024). MENELAAH KEPUASAAN GURU TERHADAP LAYANAN PENILAIAN ANGKA KREDIT DALAM PENDIDIKAN ISLAM: SEBUAH SURVEI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI GORONTALO. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.4664