MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA PESANTREN

Penulis

  • Anis Zohriah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Dimas Zuhri Ahmad UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Deni Iriyadi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.4678

Abstrak

Fokus pada penelitian ini adalah manajemen pemasaran yang ada di Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 untuk meningkatkan citra pesantren tersebut. Penelitian ini melakukan analisis dan evaluasi keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode, setelah memilih beberapa responden berdasarkan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1). Perencanaan Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 merencanakan dengan baik. Pesantren belajar dari pesantren yang lebih baik dan maju. 2). Pengorganisasian dengan cara membentuk Departemen Penerimaan Santri Baru (PSB). terdiri dari beberapa bagian, tugas tim PSB antara lain merencanakan berbagai strategi promosi untuk menarik minat masyarakat, seperti menata beberapa tempat untuk dijadikan sasaran pemasaran pesantren, 3). Pelaksanaan : Pesantren melakukan pemasaran dengan berbagai kegiatan promosi dengan mengunjungi sekolah-sekolah dan melalui media cetak dan online, 4). Pimpinan Pesantren melakukan evaluasi secara keseluruhan. Karakteristik masing-masing pesantren menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat untuk memilih pesantren. Selanjutnya citra pesantren dapat dibentuk dengan strategi pemasaran yang memanfaatkan konsep bauran pemasaran, Bisnis Model Canvas dan komunikasi yang baik dalam setiap koordinasi.

Diterbitkan

2024-03-26

Cara Mengutip

Zohriah, A., Dimas Zuhri Ahmad, & Iriyadi, D. (2024). MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA PESANTREN. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 63–82. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.4678