REALISASI MANAJEMEN POAC KURIKULUM PONDOK PESANTREN MODERN AL-MUROZZA DEPOK DALAM MEMBENTUK SANTRI BERJIWA RELIGIUS
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i2.5182Kata Kunci:
Realisasi; Kurikulum; Pondok Pesantren; SantriAbstrak
Sekarang ini masih banyak orang-orang yang menganggap pesantren sebagai pendidikan yang tidak tertata. Faktanya, menajemen kurikulum sampai pada hari ini masih tergolong menerapkan sistem manajemen “dadakan”. Pondok Pesantren Modern Al-Murozza menjawab tantangan tersebut dengan menerapkan manajemen kurikulum berlandaskan pada teori POAC secara berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap manajemen kurikulum di Pondok Pesantren Modern Al-Murozza untuk membentuk santri berjiwa religius. Penelitian ini mengaplikasikan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berdasarkan kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menerapkan tiga proses kegiatan yaitu kondensasi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa tahapan manajemen kurikulum diantaranya: (1) Perencanaan: menyusun tujuan dan program, menyusun jadwal kegiatan, (2) Pengorganisasian: membagi struktur organisasi pesantren, membagi struktur organisasi kurikulum, (3) Pelaksanaan: pendidikan formal, pendidikan diniyah, pengajaran al-Qur’an, (4) Pengawasan: secara langsung (mengamati proses pembelajaran didalam kelas, mengamati kinerja para ustadz/ustadzah) dan tidak langsung (mengamati statistik hasil belajar para santri melalui aplikasi SIPond).