OPTIMALISASI PERAN HUMAS INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF SMP NEGERI KABUPATEN KEPAHIANG

Penulis

  • Dedi Candira Inspektorat Kabupaten Kepahiang
  • Jono Antoni
  • Syamsir
  • Hendra Harmi
  • Sutarto
  • Fakhruddin

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5660

Kata Kunci:

humas, komunikasi internal dan eksternal, citra sekolah.

Abstrak

Hubungan Masyarakat (Humas) di lembaga pendidikan memegang peran strategis dalam membangun citra positif dan mendukung keberhasilan institusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manusia internal dan eksternal di SMP Negeri Kabupaten Kepahiang serta memberikan rekomendasi optimalisasi strategi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melibatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen di lima SMP Negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian sekolah telah memanfaatkan media sosial dan membangun hubungan eksternal, pengelolaan manusia belum optimal karena keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya strategi komunikasi, dan minimnya pemanfaatan teknologi. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategi berbasis lokal, seperti penguatan komunikasi internal melalui forum diskusi, optimalisasi media sosial, dan peningkatan kapasitas staf humas. Dampak dari penerapan strategi ini diharapkan dapat memperkuat citra positif sekolah, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan mendukung tujuan pendidikan yang berkelanjutan.

Diterbitkan

2025-02-18

Cara Mengutip

Dedi Candira, Jono Antoni, Syamsir, Hendra Harmi, Sutarto, & Fakhruddin. (2025). OPTIMALISASI PERAN HUMAS INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF SMP NEGERI KABUPATEN KEPAHIANG. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 207–220. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5660