OPTIMALISASI PERAN HUMAS INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF SMP NEGERI KABUPATEN KEPAHIANG

Authors

  • Dedi Candira Inspektorat Kabupaten Kepahiang
  • Jono Antoni
  • Syamsir
  • Hendra Harmi
  • Sutarto
  • Fakhruddin

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5660

Keywords:

humas, komunikasi internal dan eksternal, citra sekolah.

Abstract

Hubungan Masyarakat (Humas) di lembaga pendidikan memegang peranan strategis dalam membangun citra positif dan mendukung keberhasilan lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran humas internal dan eksternal di SMP Negeri di Kabupaten Kepahiang dan memberikan rekomendasi strategi optimalisasi. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen di lima sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun beberapa sekolah memanfaatkan media sosial dan menjalin hubungan eksternal, pengelolaan humas belum optimal karena keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya strategi komunikasi, dan minimnya penggunaan teknologi. Penelitian ini menawarkan rekomendasi yang disesuaikan dengan kondisi setempat, seperti penguatan komunikasi internal melalui forum rutin, optimalisasi media sosial, dan peningkatan kapasitas staf humas. Penerapan strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan citra positif sekolah, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan mendukung tujuan pendidikan yang berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

Dedi Candira, Jono Antoni, Syamsir, Hendra Harmi, Sutarto, & Fakhruddin. (2025). OPTIMALISASI PERAN HUMAS INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF SMP NEGERI KABUPATEN KEPAHIANG. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 207–220. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5660