ANALISIS MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENDORONG MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5675

Kata Kunci:

Modul Ajar Berbasis Teknologi, Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis modul ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis teknologi dalam mendorong moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah di Gorontalo Utara. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen modul ajar yang digunakan di beberapa madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis teknologi, yang mengintegrasikan aplikasi multimedia, video pembelajaran, dan platform e-learning, memiliki potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pemahaman mereka terhadap nilai-nilai moderasi beragama, seperti toleransi, inklusivitas, dan penghargaan terhadap perbedaan.  Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, termasuk keterbatasan infrastruktur teknologi dan kurangnya kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan dukungan berupa pelatihan bagi guru dan pengembangan infrastruktur teknologi di madrasah untuk memaksimalkan efektivitas modul ajar berbasis teknologi. Kesimpulan penelitian ini menekankan bahwa dengan dukungan yang tepat, modul ajar berbasis teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam membentuk sikap moderat di kalangan siswa Madrasah Tsanawiyah, sehingga mendorong moderasi beragama yang lebih kuat dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Diterbitkan

2025-02-10

Cara Mengutip

Hakeu, F., Steven Alim, M. ., Viska Sari Djarumia, A. ., Deysi Ramadya, A. ., & Lambari, F. . (2025). ANALISIS MODUL AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENDORONG MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5675