POTRET MODEL MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS BOARDING SCHOOL DI SMA ISLAM TERPADU AL QALAM GOWA

Penulis

  • Sri Esti Utami Universitas Negeri Makassar
  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Makassar
  • St Walfadillah Universitas Negeri Makassar
  • Selpi Universitas Negeri Makassar
  • Aris Munandar Universitas Negeri Makassar
  • Ahlun Ansar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5719

Kata Kunci:

Boarding, Terpadu, Implementasi

Abstrak

Penelitian ini mengkaji implementasi sistem boarding school di SMA Islam Terpadu Al Qalam Gowa Boarding School yang berlokasi di Jl. Tamanyeleng, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan baru di dirikan pada tahun 2023. Dengan fokus pada pertanyaan penelitian tentang model Boarding School yang diterapkan di SMAIT Al Qalam Gowa, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur dengan kepala sekolah dan wakil kesiswaan serta observasi lapangan selama dua hari pada Oktober 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Islam Terpadu Al Qalam Gowa dengan model Boarding School yang mengimplementasikan delapan program unggulan yang mengintegrasikan pendidikan akademik dengan nilai-nilai Islam, yang diantaranya meliputi Leadership Development Program, Islamic Studies & Dormitory Program, Computer Based Learning, Enterpreneusihip, Research Culture, Study Tour, Bilingual, dan Hifdzul Mutun Class Of Nabawi Al Munawarrah. Sistem ini didukung oleh struktur organisasi yang komprehensif dan tenaga pendidik berkualifikasi minimal S1. Penelitian ini memberikan wawasan tentang model Boarding School yang dapat menjadi referensi bagi pengembangan sekolah berasrama serupa.

Diterbitkan

2025-02-10

Cara Mengutip

Sri Esti Utami, Wahyuni, S., Walfadillah, S., Selpi, Munandar, A., & Ansar, A. (2025). POTRET MODEL MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS BOARDING SCHOOL DI SMA ISLAM TERPADU AL QALAM GOWA. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 29–49. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5719