PEMBINAAN KEPEMIMPINAN MELALUI ORGANISASI KESISWAAN DI MADRASAH
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5772Abstrak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak program pembinaan kepemimpinan melalui organisasi kesiswaan di Madrasah Aliyah Al Amiriyah terhadap pengembangan keterampilan kepemimpinan dan nilai-nilai moral siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan wawancara terstruktur kepada siswa yang aktif dalam OSIS dan klub kesiswaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam organisasi kesiswaan signifikan meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui pengembangan keterampilan memimpin, berkomunikasi, dan mengelola proyek. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong penyelarasan dengan nilai-nilai sekolah, seperti integritas, kerja keras, dan penghargaan terhadap keberagaman, yang menjadi bagian integral dari kurikulum madrasah. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan untuk membentuk siswa yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan keyakinan, moral yang kuat, dan keterampilan yang relevan untuk sukses dalam kehidupan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang peran organisasi kesiswaan dalam pembentukan karakter dan persiapan siswa untuk menghadapi kompleksitas dunia modern dengan kesiapan yang optimal.
Kata kunci : Pembinaan, Kepemimpinan, Organisasi Kesiswaan