Strategi STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI PERILAKU ORGANISASI PENDIDIKAN UNTUK MEWUJUDKAN LINGKUNGAN YANG MENGINSPIRASI DI SMA PGRI 2 KAYEN
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5814Kata Kunci:
Motivasi, Perilaku Organisasi, lingkungan inspiratifAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepala sekolah dalam memotivasi perilaku
organisasi pendidikan guna menciptakan lingkungan sekolah yang inspiratif. Lingkungan ini tidak
hanya mendukung pengembangan siswa secara holistik tetapi juga mendorong inovasi dan
kolaborasi antara guru, staf, dan siswa. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi strategi kepala
sekolah SMA PGRI 2 Kayen dalam memotivasi perilaku organisasi pendidikan dan memahami
dampaknya terhadap pencapaian lingkungan sekolah yang inspiratif. Penelitian ini menggunakan
metode pendekatan kualitatif fenomenologi digunakan dengan teknik pengumpulan data berupa
wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis dilakukan berdasarkan
metode fenomenologi Creswell, melibatkan pengorganisasian data, identifikasi tema utama,
deskripsi pengalaman, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMA
PGRI 2 Kayen menerapkan strategi seperti komunikasi efektif, penghargaan terhadap prestasi, dan
peningkatan kesejahteraan karyawan. Lingkungan yang inspiratif ini meningkatkan disiplin, prestasi
siswa, dan kebahagiaan kerja guru. Strategi ini berkontribusi pada pencapaian prestasi siswa di
tingkat nasional hingga internasional, serta penguatan budaya organisasi berbasis nilai-nilai Islami.
Penelitian ini berdampak pada pemahaman manajemen pendidikan dan kepemimpinan sekolah,
terutama dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pengembangan potensi individu dan
organisasi