SOROTAN DAN KRITIK PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI

Penulis

  • Ani Fatimah Zahra Saifi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Euis Komala UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Erni Susilawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Uus Ruswandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bambang Samsul Arifin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5867

Abstrak

Kurikulum PAI di berbagai jenjang pendidikan sering kali dikritik karena kurang menekankan pada aspek yang relevan dengan kehidupan kontemporer. Pada jenjang Sekolah Dasar dan Menengah, kurikulum lebih fokus pada hafalan materi-materi keagamaan dan ritual, sementara kurang menekankan pada pemahaman nilai-nilai universal Islam seperti toleransi, etika sosial, dan isu-isu global. Di Perguruan Tinggi, PAI terkadang dianggap terlalu teoretis dan kurang aplikatif dalam menghadapi problematika kehidupan mahasiswa di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sorotan dan kritik Pengelolaan Pembelajaran PAI di Sekolah dan Perguruan Tinggi beserta Alternatif solusinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif dalam bentuk kajian pustaka. Sorotan dan kritik terhadap pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam ialah mengacu pada pendekatan pembelajaran yang masih menerapkan pendidikan konvensional dimana pembelajaran masih klasikal, kurangnya kemajuan teknologi dalam pembelajaran dan kompetensi tenaga pendidik yang rendah. Alternatif solusi yang ditawarkan adalah melalui penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran PAI, penggunaan teknologi dalam pembelajaran PAI dan peningkatan kompetensi Guru PAI.

Diterbitkan

2025-02-10

Cara Mengutip

Zahra Saifi, A. F., Komala, E., Susilawati, E., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2025). SOROTAN DAN KRITIK PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 82–98. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5867