PENGELOLAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MELALUI PROGRAM MADRASAH DIGITAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5904Abstrak
Abstrak
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan program Madrasah Digital dalam meningkatkan soft skills siswa. Program ini ditargetkan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, kolaborasi, pemecahan masalah, dan kepemimpinan siswa melalui pendekatan berbasis teknologi. Fokus pada tujuan ini berlandaskan pada kenyataan bahwa di era digital, soft skills memainkan peran kunci dalam kesuksesan akademik dan profesional seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis pengelolaan Program Madrasah Digital. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru, dan siswa, serta dokumentasi kurikulum. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan elemen-elemen utama program, termasuk tujuan, pelaksanaan, dan hasil. Temuan diharapkan memberikan wawasan tentang efektivitas pengembangan soft skills berbasis digital dan rekomendasi praktis bagi madrasah lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang bermakna dalam pengembangan soft skills siswa, terutama keterampilan komunikasi, kerja tim, dan pemecahan masalah melalui teknologi. Program ini meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam komunikasi daring dan presentasi digital, serta memperkuat kerja sama melalui proyek berbasis teknologi. Pengembangan kemampuan berpikir kritis juga didorong melalui pemanfaatan alat digital untuk menyelesaikan tantangan kompleks. Temuan ini sejalan dengan teori konstruktivisme dan self-efficacy yang menekankan pembelajaran melalui pengalaman dan interaksi sosial. Penelitian ini berkontribusi pada literatur integrasi teknologi dalam pendidikan untuk keterampilan abad ke-21.
Kata Kunci : Soft Skill, Madrasah Digital, lingkungan sekolah