Implementasi Program Literasi dalam Pembelajaran PAI di Sekolah

Penulis

  • Azizah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Udin Supriadi
  • Muhamad Parhan

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5971

Kata Kunci:

Literasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program literasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, serta memberikan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. Literasi berperan penting dalam membangun kemampuan membaca, berpikir kritis, dan menulis yang relevan dengan peningkatan pemahaman nilai-nilai keagamaan dan pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi berdasarkan tahapan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran berhasil meningkatkan kemampuan literasi siswa, motivasi belajar, serta pemahaman konsep keagamaan. Strategi seperti kegiatan membaca tambahan, ceramah berbasis literasi, dan evaluasi berbasis bacaan mampu mendorong keterlibatan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Temuan ini menekankan pentingnya literasi sebagai fondasi pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis, tetapi juga membentuk karakter dan nilai-nilai moral peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan bagi sekolah untuk terus mengembangkan program literasi yang inovatif dan melibatkan berbagai pihak untuk mendukung keberlangsungan program tersebut.

Diterbitkan

2025-02-10

Cara Mengutip

Azizah, Udin Supriadi, & Muhamad Parhan. (2025). Implementasi Program Literasi dalam Pembelajaran PAI di Sekolah . Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 187–206. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i1.5971