TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM LINGKUP DIMENSI SOSIO-KULTURAL DI PONDOK PESANTREN DAARUL HUDA CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6056Kata Kunci:
transformasi pendidikan Islam; pesantren; multikulturalismeAbstrak
Penelitian ini mengkaji transformasi pendidikan Islam dalam dimensi sosio-kultural di Pondok Pesantren Daarul Huda Ciamis. Transformasi tersebut mencakup perubahan kurikulum, metode pembelajaran, serta integrasi nilai-nilai sosio-kultural dan multikulturalisme dalam pendidikan. Dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa Pondok Pesantren Daarul Huda berhasil mengintegrasikan ilmu agama dengan pengetahuan umum dan teknologi tanpa mengabaikan nilai-nilai tradisional serta budaya lokal. Peran kyai sangat penting dalam memimpin perubahan ini, menjaga keseimbangan antara tradisi dan modernitas. Namun, resistensi terhadap perubahan dari sebagian kalangan pesantren menjadi tantangan utama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Daarul Huda berhasil menciptakan pendidikan yang inklusif, relevan dengan perkembangan zaman, dan tetap mempertahankan nilai-nilai lokal serta keagamaan yang kuat. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan pendidikan Islam yang adaptif terhadap perubahan sosio-kultural.