THE URGENCY OF EVALUATION OF EDUCATION AND LEARNING A THEORETICAL REVIEW

Penulis

  • Ujang Miftahudin STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Nova Sariwati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mohamad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Zam zam Lukmanul Jamil STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6072

Kata Kunci:

Evaluasi Pendidikan; Proses Pembelajaran; Kualitas Pendidikan

Abstrak

Evaluasi pendidikan dan pembelajaran merupakan unsur krusial dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Evaluasi tidak hanya berfungsi untuk mengukur hasil belajar peserta didik tetapi juga untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran serta memberikan umpan balik yang konstruktif untuk perbaikan berkelanjutan. Tinjauan ini mencakup definisi, tujuan, jenis-jenis evaluasi, serta metode dan teknik yang dapat digunakan untuk melaksanakan evaluasi yang efektif. Selain itu, tinjauan ini juga menyoroti tantangan dan solusi dalam implementasi evaluasi pendidikan di berbagai tingkat dan konteks pendidikan. Melalui pemahaman yang komprehensif mengenai urgensi evaluasi, diharapkan para pendidik dan pembuat kebijakan dapat merancang dan menerapkan strategi evaluasi yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Diterbitkan

2025-08-25

Cara Mengutip

Miftahudin, U., Sariwati, N., Erihadiana, M., & Lukmanul Jamil, Z. zam . (2025). THE URGENCY OF EVALUATION OF EDUCATION AND LEARNING A THEORETICAL REVIEW. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 490–504. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6072