VALUE-BASED STRATEGIC MANAGEMENT: INTEGRATING ISLAMIC ETHICS IN EDUCATIONAL STRATEGIC PLANNING

Penulis

  • Zam zam Lukmanul Jamil STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Ujang Miftahudin STAI Al Badar Cipulus Purwakarta, Indonesia
  • Ara Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6102

Kata Kunci:

manajemen strategik, etika Islam, perencanaan strategis, pendidikan Islam, nilai berbasis spiritual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi etika Islam dalam manajemen strategik berbasis nilai sebagai pendekatan holistik dalam perencanaan strategis pendidikan. Masalah utama yang diangkat adalah kurangnya penerapan nilai-nilai Islam dalam manajemen pendidikan, yang berdampak pada kurang optimalnya pencapaian tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis literatur, teori, dan konsep yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam, seperti amanah, keadilan, ihsan, dan musyawarah, memberikan kerangka kerja yang efektif untuk meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, dan keberlanjutan dalam pengelolaan pendidikan. Pendekatan ini tidak hanya menjawab tantangan modernisasi, tetapi juga mempertahankan identitas spiritual lembaga pendidikan Islam. Temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan praktis bagi lembaga pendidikan, peneliti, dan pembuat kebijakan dalam mengelola pendidikan berbasis nilai.

Diterbitkan

2025-08-14

Cara Mengutip

Lukmanul Jamil, Z. zam, Miftahudin, U., & Hidayat, A. (2025). VALUE-BASED STRATEGIC MANAGEMENT: INTEGRATING ISLAMIC ETHICS IN EDUCATIONAL STRATEGIC PLANNING. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 458–471. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6102