PERAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH DI SMPN 2 KEPAHIANG
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6296Kata Kunci:
pengambilan keputusan, manajemen sekolah, kinerja sekolahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengambilan keputusan dalam meningkatkan kinerja sekolah, dengan fokus pada studi kasus di SMP Negeri 2 Kepahiang. Dalam konteks manajemen pendidikan, proses pengambilan keputusan yang partisipatif dinilai mampu menciptakan iklim sekolah yang kondusif dan mendorong pencapaian prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, staf administrasi, dan komite sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung di lingkungan sekolah, serta studi dokumentasi terhadap kebijakan dan program yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelibatan seluruh elemen sekolah dalam proses pengambilan keputusan berdampak positif terhadap peningkatan kinerja sekolah, khususnya dalam aspek akademik, kedisiplinan siswa, dan kepuasan orang tua. Berbagai program seperti pelatihan guru, penguatan layanan bimbingan dan konseling, serta peningkatan sarana dan prasarana belajar, terbukti memperkuat mutu pembelajaran. Selain itu, dukungan dari komite sekolah dan orang tua semakin meningkat ketika mereka dilibatkan secara aktif dalam proses pengambilan keputusan strategis. Temuan ini menegaskan pentingnya kolaborasi dan transparansi dalam manajemen sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan secara lebih optimal.