inggris

Penulis

  • Muliati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Na'imah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur Sa'idah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Badrun IAIN Kendari
  • Arif Prasetyo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6393

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk ditemukan secara konkrit inovasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs N 9 Bantul. Mutu pendidikan menjadi bagian yang utama yang diterapkan dalam lembaga pendidikan islam agar bisa kualitas pendidikan yang baik. Kepala madrasah sebagai penggerak utama dalam madrasah mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi bersama Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah bagian kesiswaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di era 5.0 dapat ditemukan dengan terselenggaranya sembilan (9) program unggulan  yaitu (1) Giat Prestasi Madrasah (GSM) (2) Gerakan Literasi Masamba  (GLM) (3) Sadam (Sadar Adiwijaya Masamba), (4)  ODOT (One Day One Thousand), (5) PUTIH (Publikasi Tiada Henti)  (6) Sabtu Masemba Berdzikir (SMB) (7) JUMARIA (Jumat Ceria) (8) FORSIMBA (Forum Sinergi Komite, Masyarakat, dan Masemba) (9)  Pengajian Orang Tua, Guru dan Siswa (PGS). Selanjutnya temuan kedua yaitu adanya kemitraan dan kolaborasi yang akan mempermudah kerjasama baik dalam lingkup internal maupun eksternal organisasi untuk mendukung jalannya keberlangsungan program madrasah. Kemudian untuk temuan ketiga yaitu pemberdayaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sehingga peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh peserta didik.

Diterbitkan

2025-06-08

Cara Mengutip

Muliati, Na'imah, Nur Sa'idah, Badrun, & Arif Prasetyo. (2025). inggris. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 324–339. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6393