PENGEMBANGAN MODEL APE BONEKA JARI SARONDE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DI TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN KWANDANG

Penulis

  • Lina A. Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Hamid Isa Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhamad Zubaedi Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6407

Kata Kunci:

APE, Boneka Jari, Saronde, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Alat Permainan Edukatif (APE) berupa Boneka Jari Saronde yang berbasis budaya lokal guna meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan campuran (mix-method), yang menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan model dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari identifikasi potensi dan masalah, perancangan produk, validasi ahli, revisi desain, hingga uji coba terbatas pada 30 anak TK. Hasil validasi dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa APE yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid. Uji coba terbatas menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa anak secara signifikan, dengan skor rata-rata pre-test sebesar 62,3 dan post-test sebesar 83,5. Hasil analisis paired sample t-test menunjukkan nilai t hitung sebesar 20,27, lebih besar dari t tabel 2,045 (α = 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan model. Temuan ini didukung oleh data observasi dan wawancara yang menunjukkan peningkatan minat, partisipasi, dan keberanian anak dalam berkomunikasi. Model ini dinilai efektif, kontekstual, serta berpotensi memperkuat pelestarian budaya lokal dalam pembelajaran.

Diterbitkan

2025-06-26

Cara Mengutip

A. Husain, L., Hamid Isa, A., & Zubaedi, M. (2025). PENGEMBANGAN MODEL APE BONEKA JARI SARONDE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DI TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN KWANDANG. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 420–436. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6407