MANAJEMEN PROGRAM TALENTA DALAM MENINGKATKAN POTENSI PESERTA DIDIK DI MTSN 2 MEDAN

Penulis

  • Rama Satya Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nasrul Syakur Chaniago Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6449

Kata Kunci:

manajemen pendidikan; program talenta; potensi peserta didik.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen Program Talenta di MTsN 2 Medan sebagai upaya pengembangan potensi peserta didik di luar aspek akademik. Program Talenta dirancang untuk menampung dan mengembangkan minat serta bakat siswa melalui kegiatan non-akademik yang bersifat kreatif dan kolaboratif, seperti musikalisasi puisi, seni pertunjukan, dan demonstrasi keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program dilakukan melalui lima fungsi manajemen, diantaranya: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan, dengan keterlibatan aktif kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, wali kelas, dan peserta didik. Program ini terbukti mampu meningkatkan kepercayaan diri, motivasi, serta keterampilan sosial siswa, sekaligus memperkuat nilai karakter dan soft skills. Keberhasilan Program Talenta dipengaruhi oleh penerapan manajemen yang sistematis, kolaboratif, serta berbasis nilai-nilai keagamaan dan pendekatan humanis. Oleh karena itu, program ini menjadi strategi efektif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik, inklusif, dan berdaya saing.

Diterbitkan

2025-06-14

Cara Mengutip

Tanjung, R. S., & Chaniago, N. S. . (2025). MANAJEMEN PROGRAM TALENTA DALAM MENINGKATKAN POTENSI PESERTA DIDIK DI MTSN 2 MEDAN. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(2), 368–383. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i2.6449