ENHANCING VOCATIONAL STUDENTS’ WORK READINESS THROUGH CURRICULUM MANAGEMENT AT SMK RADEN UMAR SAID KUDUS

Penulis

  • Naila Shifwah Pascasarjana, IAIN Kudus
  • Masrukhin Pascasarjana, IAIN Kudus
  • Mohammad Dzofir Pascasarjana, IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i3.6474

Kata Kunci:

Curriculum Management, Vocational Education, Work Readiness

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa di SMK Raden Umar Said Kudus. Permasalahan utama yang diangkat adalah tingginya tingkat pengangguran lulusan SMK yang belum sepenuhnya siap kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kurikulum dilakukan secara menyeluruh meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Sekolah secara aktif menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan industri melalui pendekatan berbasis proyek (Project-Based Learning), Teaching Factory, dan kemitraan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Kurikulum disusun secara tematik, integratif, dan responsif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan industri kreatif. Evaluasi dilakukan secara berkala baik oleh pihak sekolah maupun mitra industri untuk memastikan ketercapaian kompetensi siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen kurikulum yang adaptif dan berbasis industri mampu meningkatkan kesiapan kerja siswa secara signifikan serta menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Diterbitkan

2025-10-16

Cara Mengutip

Shifwah, N., Masrukhin, & Dzofir, M. (2025). ENHANCING VOCATIONAL STUDENTS’ WORK READINESS THROUGH CURRICULUM MANAGEMENT AT SMK RADEN UMAR SAID KUDUS. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(3), 646–665. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i3.6474