STRATEGI MEMBANGUN KESADARAN MEREK UNTUK MENCIPTAKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP SEKOLAH DI LAJNAH PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN (LPP) AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i3.6940Kata Kunci:
Bahasa IndonesiaAbstrak
Kesadaran merek (brand awareness) merupakan fondasi utama dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Meskipun menjadi aset krusial, tidak semua sekolah berhasil membangun kesadaran merek yang kuat seperti LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto dalam membangun kesadaran merek guna menumbuhkan kepercayaan publik. Menggunakan metode studi kasus kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini menunjukan bahwa LPP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto menerapkan model Hirarki Efek yang terstruktur. Pada tahap kognitif, kesadaran dibangun melalui pemasaran digital dan tradisional yang terpusat serta jejaring strategis untuk menanamkan pengetahuan merek. Tahap afektif dicapai dengan menciptakan diferensiasi melalui kurikulum internasional (IB), melibatkan alumni, serta membangun narasi positif untuk menumbuhkan kesukaan dan preferensi. Terakhir, tahap konatif diwujudkan melalui sistem inden untuk mengelola permintaan tinggi dan evaluasi terukur untuk mendorong tindakan pendaftaran. Hasilnya, strategi yang terintegrasi ini terbukti efektif dalam membangun kesadaran merek yang berujung pada terbentuknya kepercayaan masyarakat terhadap sekolah.