KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI MTSN 4 KARANGANYAR

Penulis

  • Anita Isnaini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Istanto Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i3.6959

Kata Kunci:

Kepemimpinan Kepala Madrasah, Nilai Religius, Pendidikan Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala madrasah dalam penanaman nilai-nilai religius siswa di MTsN 4 Karanganyar. Penelitian menggunakan pendekatan fenomenologis dengan metode penelitian lapangan, melibatkan kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian divalidasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah tercermin melalui program pembiasaan ibadah, pembinaan karakter melalui keputrian, pidato, dan tahfidz, penanaman akhlak dan disiplin, inovasi moderasi beragama, serta sistem evaluasi dan partisipasi guru. Keberhasilan kepemimpinan ini didukung oleh budaya madrasah yang religius dan moderat, keterlibatan aktif kepala madrasah, kolaborasi internal dengan guru, dukungan orang tua, serta responsif terhadap tantangan teknologi dan sosial. Temuan ini menegaskan bahwa kepemimpinan kepala madrasah yang partisipatif, spiritual, dan adaptif berperan signifikan dalam internalisasi nilai-nilai religius serta pembentukan karakter Islami siswa.

Diterbitkan

2025-10-16

Cara Mengutip

Isnaini, A., & Istanto. (2025). KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI MTSN 4 KARANGANYAR. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(3), 589–604. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v13i3.6959