Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Model Pisa Konten Numerik Level 1 Sampai 3

Penulis

  • Suciati & Hary Bangkit Subagyo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal model PISA konten numerik khususnya materi  operasi hitung bilangan  pada level 1 sampai 3 (level rendah). Penelitian dilakukan dengan teknik survey dengan subjek sebanyak 32 siswa kelas VII  SMP N 10 Tarakan. Identifikasi kesalahan siswa  dihimpun dengan menggunakan 24 butir tes pilihan ganda beralasan (two tier multiple choice item).  Instrumen dikembangkan dengan mengacu framework literasi matematika dari PISA.  Data respon peserta tes dianalisis dengan statistik deskriptif dan selanjutnya dibuat persentase dari masing-masing jenis kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara rerata capain kompetensi siswa hanya 34 % atau hanya mampu menyelsaikan 4 soal dari 12 soal yang diberikan pada masing-masing komptensi. Kesalahan yang banyak dilakukan siswa adalah kesalahan dalam menginterprestasikan simbol – simbol, grafik, tabel dalam matematika. Selain itu siswa juga kurang cermat dalam melakukan proses perhitungan

Diterbitkan

2018-08-01

Cara Mengutip

Hary Bangkit Subagyo, S. &. (2018). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Model Pisa Konten Numerik Level 1 Sampai 3. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 50–67. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/842