Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah
(Studi Pada Bank Muamalat Tbk. Cabang Gorotalo)
DOI:
https://doi.org/10.30603/ab.v12i1.920Kata Kunci:
Quality of service, handling complaints, corporate image, customer loyaltyAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor kualitas layanan, penanganan komplain, dan citra perusahaan secara parsial terhadap loyalitas nasabah. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor kualitas layanan, penanganan komplain, dan citra perusahaan secara simultan terhadap loyalitas nasabah.Penelitian ini bersifat Survey, yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar atau kecil. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah bank Muamalat cabang Gorontalo dan nasabah yang dijadikan sampel berjumlah 100 orang. Tehnik analisis data menggunakan Regresi Berganda dengan menggunakan program SPSS 22.0.Hasil Penelitian menujukkan bahwa kualitas layanan dan penanganan komplain berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan Citra perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Adapun kualitas layanan, penanganan komplain dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Gorontalo.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2016 Mustofa Mustofa
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.