Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah

(Studi Pada Bank Muamalat Tbk. Cabang Gorotalo)

Penulis

  • Mustofa Mustofa IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v12i1.920

Kata Kunci:

Quality of service, handling complaints, corporate image, customer loyalty

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor kualitas layanan, penanganan komplain, dan citra perusahaan secara parsial  terhadap loyalitas nasabah. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor kualitas layanan, penanganan komplain, dan citra perusahaan secara simultan  terhadap loyalitas nasabah.Penelitian ini bersifat Survey, yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar atau kecil. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah bank Muamalat cabang Gorontalo dan nasabah yang dijadikan sampel berjumlah 100 orang. Tehnik analisis data menggunakan Regresi Berganda dengan menggunakan program SPSS 22.0.Hasil Penelitian menujukkan bahwa kualitas layanan dan penanganan komplain berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan Citra perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Adapun kualitas layanan, penanganan komplain dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Gorontalo.

Diterbitkan

2016-06-30

Cara Mengutip

Mustofa, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah: (Studi Pada Bank Muamalat Tbk. Cabang Gorotalo). Al-Buhuts, 12(1), 39–59. https://doi.org/10.30603/ab.v12i1.920

Terbitan

Bagian

Articles