Penerapan Model Learning Cycle Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Q.S. Al-Hujurat Siswa Kelas IV SD Inpres Balangpunia Kabupaten Gowa

Penulis

  • Salfiani Salfiani SD Inpres Balangpunia Kab. Gowa

Kata Kunci:

Model Learning Cycle, Kemampuan Membaca, Q.S. Al-Hujurat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca QS. Al-Hujurat/49:13 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penerapan model Learning Cycle. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Kelas IV fase B SD Inpres Balangpunia Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada kemampuan membaca QS. Al-Hujurat/49:13. Sebelum diterapkannya metode Learning Cycle aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berdasarkan observasi pada Siklus I masih kurang dalam bertanya terkait materi pembelajaran yang susah dimengerti dan masih kurang berani dalam mempresentasikan kelompok. Namun, setelah dilaksanakan Siklus II mengalami peningkatan dalam memperoleh hasil belajar yang maksimal. Hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Learning Cycle 5E yang diukur dengan menggunakan soal tes, dimana pada siklus I diperoleh persentase sebesar 75.58% dikategorikan Cukup, sedangkan pada siklus II diperoleh persentase 83.33% tergolong kategori Baik (Tuntas). Dengan penerapan metode Learning Cycle siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Salfiani, S. (2022). Penerapan Model Learning Cycle Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Q.S. Al-Hujurat Siswa Kelas IV SD Inpres Balangpunia Kabupaten Gowa. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 69–84. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4001