Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Upaya Nabi Muhammad Saw. Dalam Menegakkan Piagam Madinah Kelas VB MIN 1 Kota Gorontalo Melalui Model Discovery Learning

Penulis

  • Yanti T. Dumo MIN 1 Kota Gorontalo

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Discovery Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model discovery learning untukmeningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Upaya Nabi Muhammad Saw. dalam Menegakkan Piagam Madinah di Kelas VB MIN 1 Kota Gorontalo. Metode penelitian mengguakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 hasil belajar peserta didik terus mengalami peningkatan hasil belajar peserta didik khususnya mata pelajaran SKI pada materi Upaya Nabi Muhammad Saw. dalam menegakkan Piagam Madinah. Hal ini terbukti pada siklus I dengan nilai rata-rata 58,33 kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 86. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pra siklus I 67% sedangkan pada siklus II meningkat yaitu 93%. Berdasarkan prosentase tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai 93%.

Diterbitkan

2021-08-01

Cara Mengutip

T. Dumo, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Upaya Nabi Muhammad Saw. Dalam Menegakkan Piagam Madinah Kelas VB MIN 1 Kota Gorontalo Melalui Model Discovery Learning. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 80–91. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4070

Terbitan

Bagian

Articles